UKS: Rasio Ideal Toilet Sekolah

Peningkatan mutu pendidikan, tak hanya melalui peningkatan pengajaran semata. Namun harus memperhatikan faktor kesehatan dan kebersihan sekolah. Salah satu keunggulan sebuah sekolah yang sehat adalah telah memiliki ruang UKS dengan dokter ciliknya. Selain itu, memilki warung sehat dan kesadaran yang tinggi dari setiap anggota sekolah dalam menjaga lingkungan.

Oleh karena itu pemerintah daerah kini secara rutin mengadakan lomba Unit Kesehatan Sekolah dan sekolah sehat, terutama tingkat sekolah dasar karena kebiasaan sehat harus ditanamkan sejak dini.

Sebagai referensi, menurut Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat kabupaten Bogor, Sarif Hidayat lomba UKS dan sekolah sehat memiliki landasan hukum UU No 23 Tahun 1999. Pada UU itu mengatur mewujudkan kemampuan hidup sehat setiap penduduk, salah satu caranya dengan pembinaan sekolah sehat.

Selain itu, UU No 2 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, yang menerangkan UKS merupakan wahana khusus untuk mencerdaskan bangsa dengan memberikan standar pelayanan minimal di sekolah. SK 4 menteri juga menjelaskan pemerintah harus mewajibkan dalam APBD nya pengalokasian dana untuk UKS. ''Kesimpulannya UKS wajib hukumnya, karena dapat meningkatkan IPM derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan delapan hal yang menjadi poin penting pada perlombaan ini, yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, tenaga pengajar, tingkat pendidikan guru, sarana/prasarana, penelitian dan pengembangan, manajemen organisasi, dan monitoring evaluasi ,” terang Sarif.

Ketua Tim Penilai, Dr Ariyani mengemukakan parameter penting penilaian Lomba UKS ini seberapa jauh murid dan warga sekolah menerapkan perilaku sehat dan memahami tentang kebersihan lingkungan. Dikemukakan pula, rasio ideal jumlah WC perempuan 1:25 jumlah murid perempuan sedangkan rasio WC pria 1:40.

Tidak hanya itu, "Sekolah sehat mesti memiliki sarana wastafel untuk cuci tangan dan kantin memiliki tempat cuci piring dimana airnya mengalir. Ventilasi kelas harus terang," kata Ariyani. SDN 006 ini, lanjutnya, sudah memenuhi kriteria persyaratan itu. "Seluruh murid juga cukup bagus menjawab setiap pertanyaan dari kami," ucapnya.

Pertanyaannya: "Sudahkah sekolah anda memiliki rasio ideal Toilet dan perangkat UKS serta dokter kecilnya?" Mudah-mudahan..



4 comments:

  1. KOMENTAR ALUMNI NIMay 11, 2010 at 9:39 PM

    SEKOLAH INI SANGAT BERSIH DAN JUGA NYAMAN BELAJAR DISINI SELAIN ITU JUGA MEMPUNYAI SARANA PENDIDIKAN YANG LUAS

    ReplyDelete
  2. UKS harus benar2 bersih sehingga siswa akan nyaman

    ReplyDelete
  3. Alumni NI -> benar sekali, nurul ilmi memang sangat mengutamakan kebersihan..

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar kamu di sini!